Senin, 23 Juni 2014

Bapak, Pa'e, apapun namanya



Masih segar dalam ingatan gue perjalanan singkat bersamanya. Sore menjelang matahari terbenam, gue takjub  liat bola besar berwarna jingga yang keliatan indah dan anggun. 
Warnanya ngingetin gue sama daun momiji di jepang yang belum pernah dan sangat pingin gue lihat secara langsung sometime *aamiiin :)

Dengan kaki kecil gue, gue melangkah perlahan. Mendaki undakan-undakan tangga yang tebuat dari pahatan batu. Candi Borobudur, itu candi pertama yang gue datengin . gue lupa berapa usia gue saat itu, kisaran 5/6 tahun mungkin, gue lupa tepatnya, yang gue inget sore itu, ketika gue tengah menatap pemandangan mentari terbenam, gerimis tiba-tiba turun. Seseorang menggandeng tangan kecil gue dengan lembut, Dia nuntun gue nurunin tangga yang udah susah payah gue naiki tadi. Tangan kokoh itu, mencoba melindungi kepala gue dengan selembar sapu tangannya. gue tersenyum dibawah rintik gerimis, gue merasa sangat beruntung punya bapak sepertinya.

Mungkin seharusnya gue gak ingat, mungkin seharusnya gue gak ngerti, namun itu tak terjadi. –DIA berkehendak lain, -DIA menghendaki gue buat ngingat semua hal indah bersamanya. Meskipun gue adalah anak yang paling sering merepotkan dia, dengan masa kecil yang sakit-sakitan dan bikin bapak dan ibu harus bolak-balik berobat ke dokter, nganter gue kontrol setiap obat habis, tapi dia selalu nyayangin gue.

Gue juga ingat, awal-awal masuk SMP dan gue harus ngikutin kegiatan pramuka, yaitu mencari jejak. Kakak gue janji mau jemput gue, tapi ternyata dia  malah pergi sama temannya, dan gue gak tahu hal itu. Transportasi susah, mobil angkutan umum udah gak beroperasi kalau lewat jam 5 sore, cuma ada ojek, dan sudah tentu gue gak punya cukup uang untuk membayar ojek, jadi gue putuskan sore itu untuk nunggu kakak gue dipasar. Guru gue yang kebetulan sedang jemput anaknya, akhirnya ngajak pulang bareng dan janji mau ngantar gue sampai kerumah (secara rumah gue lebih jauh), tanpa pikir panjang gue pun langsung setuju. 

Sejujurnya, dalam hati gue marah dan kesal sama kakak yang gak dateng-dateng, dan entah kenapa, setan juga ngegodain gue buat marah sama bapak. dalem ati, ge terus aje ngegerutu dan ngomel-ngmel kaya orang bener. dalam perjalanan itu gue udah berjanji dalam hati, sampai rumah gue akan marah sama mereka. tapi apa yang terjadi?, bapak… saat perjalanan pulang gue dapati dia tengah berjalan kaki cuma buat ngejemput gue. Bapak pasti tau berapa jauh jarak dari rumah ke sekolah gue, Jauh!, tapi dia tetep dateng buat ngejemput gue. *ngambil tisu.

Gue ga yakin, kalo bapak temen-temen gue yang lain bakal ngelakuin hal yang sama seperti apa yang bapak gue lakuin. dan gue bangga dia jadi bapak gue.

Gue nyesel, nyesel banget udah punya niatan buruk dan su'udzon sama bapak sebaik dia.

Syukurlah malam itu gue ngeliat dia yang sedang dalam perjalanan belum terlalu jauh dari rumah, jadi dia gak perlu jauh dan bersusah payah jemput gue. 

Bapak,  gue suka cara dia nyayangin gue dan anak-anaknya yang lain.





Ya Rabb…
Terima kasih kau telah memberiku Bapak sepertinya
Lelaki sederhana namun terhebat bagiku
Lelaki biasa namun luar biasa untukku

Bapak,
Maafkan aku yang dulu tak pernah mengertimu
Maafkan aku yang sering menyusahkanmu
Maafkan aku yang hingga kini belum mampu membahagiakanmu

Bapak,
Trima kasih
Atas perjuanganmu
Kasih sayangmu
Pengorbananmu
Do’a-do’a mu
Kepercayaan mu
Atas semua yang kau beri kepadaku

Bapak,

Ijinkan aku menyayangimu
Menyayangimu… karna Allah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar